Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa

altSUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola aspirasi ekonomi masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Forum BPD Kabupaten Subang, Imanuddin dalam releas-nya yang dikirimkan ke alamat email Mediagivalonline, Minggu (12/11-2017). Dilanjutkan Imanuddin bahwa dengan terbitnya Nota Kesepahaman (MoU) antara Kepolisian, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa PDTT untuk mengawasi penggunaan Dana Desa tidak menyurutkan langkah inovatif dari BPD.

”Bahwa Partisipan FGD dari Subang wilayah utara, tengah dan selatan, berupaya merumuskan tindakan strategis mulai fungsi penyusunan Raperdes, aspirasi, dan pengawasan kinerja Kepala Desa”,ucap Imanuddin. 

Dikatan pula oleh Ketua Perkumpulan Jarkom Desa, Anom Surya Putra yang menilai bahwa terdapat isu penting dalam ruang lingkup Nota Kesepahaman, sepertifasilitasi penanganan masalah dan penegakan hukum terhadap pengelolaan Dana Desa. Fungsi BPD dalam mengawasi kinerja Kepala Desa perlu dirumuskan secara inovatif, tidak hanya mendengar laporan Kepala Desa, atau saling melapor ke aparat penegak hukum.

”Fungsi BPD sekarang tidak lagi menjadi parlemen Desa, yang dikesankan sebagai oposisi Kepala Desa, tapi BPD justru menjadi kekuatan demokrasi lokal untuk mengolah aspirasi warga Desa menjadi lebih bertenaga,”ujar Anom.

Dilanjutkan Anom, dari suasana Focus Group Discussion yang diselenggarakan forum komunikasi BPD kabupaten Subang, delegasi BPD tampak berupaya menelaah isi UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa yang mengenalkan fungsi BPD pada tiga jalur. Jalur yang memancing diskusi hangat adalah pengawasan atas kinerja Kepala Desa. Tak jarang BPD terlibat suasana konflik bila sekedar mengawasi penggunaan Dana Desa ketika kegiatan sudah selesai. 

BPD menajamkan isu penting seperti tata ruang Desa, budidaya hasil laut, pelestarian adat sedekah bumi, aset Desa, dan kerjasama antar Desa untuk ekonomi warga. “BPD ikut menggali potensi dan menggerakkan sumber daya di Desa masing-masing, menurut saya ini kemajuan penting bagi BPD di Subang”,tegas Anom diiyakan Otong sekretaris forum komunikasi BPD.

Acara FGD ini membaca secara kritis semua regulasi penting tentang BPD. UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa sudah menegaskan fungsi baru BPD, termasuk Peraturan Menteri Desa No. 2 Tahun 2015 tentang Tata Cara Musyawarah Desa dan Permendagri No. 110 Tahun 2016 tentang BPD. 

Sebagai fasilitator, keduanya berharap perintah UU Desa harus segera dilaksanakan. Perda BPD di Subang harus segera dirumuskan dan disahkan agar BPD semakin cepat memilah mana persoalan demokrasi lokal Desa, audit, dan masalah pidana.(*).

 

Segerakan Pendaftaran Parpol

SUBANG (MGO) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Subang mengharapkan kepada partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 segera melakukan pendaftaran dari sekarang.

Menurut Komisioner Divisi Teknis, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Subang, Ahmad Koncara mengharapkan kepada partai politik supaya segera melakukan pendaftaran diawal-awal waktu. “Jangan sampai pendaftaran dilakukan diakhir sehingga merepotkan akibat padatnya waktu. Jangan diakhir-akhir waktu,” ujarnya di KPU Subang, Selasa (3/10).

Dalam pendaftaran, kata dia KPU akan membuat surat permohonan untuk Liaison Officer (LO) terkait jadwal pendaftaran.

“Dimohon kepada parpol untuk segera mempersiapkan terkait pendaftaran. Nanti kita juga akan membuat surat permohonan untuk LO penghubung terkait Jadwal tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta pemilu tahun 2019,” katanya lagi.

Mengenai pesyaratan yang harus dipenuhi, kata Bram KPU telah melakukan sosialisasi pada tanggal 2 Oktober kemarin. “Terkait (persyaratan) apa saja yang harus dibawa, kami dari KPU telah melakukan sosialisasi tanggal 2 (Oktober) kemarin. Kalau (parpol) sudah siap KPU akan sangat siap melayani,” imbuhnya.

Kemudian masih kata dia jumlah parpol peserta pemilu berdasarkan daftar absen saat sosialisasi ada 19 parpol dari 73 parpol yang terdaftar di KPU Pusat.

Untuk Pendaftaran dan verifikasi parpol KPU menyediakan Help Desk yang melayani pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu tahun 2019. Help Desk yang dibuat KPU Subang mulai kerja 3 Oktober sampai 16 Oktober 2017. Untuk tanggal 3 Oktober sampai 15 Oktober 2017 jam kerja dibuka dari pukul 8 pagi sampai pukul 16.00 atau pukul 4 sore. Sedangkan untuk hari terakhir yaitu tanggal 16 Oktober jam kerja dari pukul 8 pagi sampai pukul 12 malam.

Pada hari pertama pembukaan pendaftaran belum ada partai politik yang melakukan pendaftaran.(*).

 

Kereta Tabrak Mobil Di Perlintasan tak Berpintu

altSUBANG (MGO) – Kendaraan R4 jenis Suzuki Katana yang dikendarai oleh Saman (50)warga Salamjaya Pabuaran tertabrak oleh Kereta Api diperlintasan KM 101 Kampung Bancangan RT. 16/05 Desa Salamjaya Pabuaran, Minggu (1/10-2017).

Di TKP kejadian tersebut menjadi tontonan warga setempat, sedangkan pengemudi kendaraan Katana, Saman (50 tahun) warga Salamjaya, Desa Salamjaya, Kec.Pabuaran Subang mengalami luka berat dan dilarikan ke Rumah Sakit terdekat.

Menurut Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni sebagaimana dikatakan Kasubag Humas Polres, AKP Udi Sahudi peristiwa terjadi sekira pukujl 10.35 WIB, saat korban melintas dengan mengendarai kendaraan Suzuki Katana bernomor polisi D 1557 AE melintasi lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang merupakan perlintasan kereta yang tidak dilengkapi palang pintu.

“Korban melintas dari arah utara menuju selatan kemudian korban tertabrak oleh KA Argo Sindoro jurusan Semarang - Gambir sehingga mobil terpental 50 meter,” ujar AKP. Udi menjelaskan.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami luka berat selanjutkan dilarikan ke Rumah Sakit Puri Asih Jatisari. Kondisi mobil yang dikendarai korban mengalami kerusakan parah. Kemudian dilakukan evakuasi. (*)

 
                  

Berita Terbaru

Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...